Powered By Blogger

Selasa, 27 Juli 2010

KESURUPAN

Kesurupan atau kerauhan terkadang terlalu mudah terjadi, banyak akibat faktor psikologis, unjuk kekuatan dan ternyata ada pula yang hanya merupakan sebuah sandiwara
____________________________________________________________

Sebuah sekolah di Denpasar ‘gempar’ akibat ada anak yang kesurupan, anehnya lagi ketika anak yang menderita kesurupan ini di bawa ke ruang guru, secara bersamaan beberapa anak lain ikut kesurupan. Anak yang kesurupan berteriak histeris, mengeluarkan tenaga yang luar biasa dan matanya mendelik. Karena baru pertama kali terjadi dan bersifat masal, banyak orang tua yang khawatir, para guru kebingungan mencari jawabannya, sekolahpun diliburkan.

Ada beberapa anak yang mampu untuk diajak berkomunikasi, namun mereka biasanya menggunakan bahasa yang tidak jelas. Beberapa anak tetap meronta, tanpa keinginan pasti dan seolah-olah ingin terbang. Dalam kasus kesurupan lain, si penderita mampu memperlihatkan kekuatan super hingga kekebalan.

Dalam beberapa hari kemudian, setelah diadakan konsultasi dengan ‘orang pintar’, maka dibuatkanlah ‘pelinggih’ di pojok halaman sekolah dan diadakan upacara percaruan yang cukup besar, kemudian suasana sekolah menjadi tenang. Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan normal.

Model Kesurupan
Tidak hanya di sekolahan, kesurupan juga menimpa anak-anak sekolah yang sedang mengadakan kegiatan berkemah di areal Bedugul. Beberapa anak kesurupan dan disinyalir akibat kemasukan roh penunggu di areal mereka berkemah. Awalnya si anak hanya berdiam diri, namun tiba-tiba berteriak histeris.

Di Bali banyak Balian yang kesurupan dan dipercaya akibat roh keluarga yang merasuki tubuhnya. Balian hanya bertindak sebagai medium untuk megatur agar dapat terjalinnya komunikasi dengan pihak keluarga. Hasil komunikasi seperti ini sangat di percaya oleh sebahagian besar masyarakat Bali.

Kalau ada piodalan atau petirtan di pura, sering terlihat pemangku mengalami kesurupan. Pemangku bertindak sebagai medium, agar terjalinnya komunikasi dengan para dewa untuk menemukan kekurangan yang mungkin saja terdapat selama jalannya upacara. Ada juga di daerah lain, kesurupan dianggap sebagai sebuah tanda, bahwa piodalan atau upacara yang telah dilangsungkan, telah di terima oleh yang kuasa.

Di Pura Pengrebongan, kesiman, Pada setiap piodalan akan di perlihatkan peristiwa kesurupan, dimana kekuatan magis para sesuwunan di pertontonkan. Siapapun yang ‘ngiring’ saat itu akan menusukkan sebilah keris ke tubuhnya dengan sekuat tenaga. Seandainyapun ada yang terluka, dipercaya akan hilang dalam beberapa saat, setelah diperciki air tirta yang diperoleh dari dalam pura.

Proses Kesurupan
Kesurupan dipercaya merupakan suatu unjuk kekuatan dari pihak luar. Kalau di luar Bali kekuatan ini berupa kekuatan roh atau jin, namun di Bali lebih banyak menganggapnya sebagai kekuatan Dewa (Bathara) atau para pembantunya. Unjuk kekuatan ini muncul ketika merasa ada gangguan ataupun ada kekurangan, sehingga manusia perlu diberitahukan.

Mereka yang sering mendengar atau menonton cerita seram atau cerita hantu dan mempercayainya, merupakan media yang sangat mudah menderita kesurupan. Awalnya mereka hanya bengong dengan pikiran kosong, lalu mulai mengalami perubahan pada matanya dan akhirnya berubah menjadi pribadi lain.

Menurut seorang paranormal yang cukup kondang di Bali, kesurupan ternyata dapat diciptakan. “Saya sering mendapatkan order untuk membuat orang kesurupan “.. “Saya mampu membuat banyak orang kesurupan dalam waktu yang bersamaan”. Lanjutnya pula; “Proses ini dapat dicapai hanya dengan ‘lelaku’ dan doa yang kuat dan tiba-tiba saja orang sudah histeris.”

Mitos tentang kesurupan hendaknya lebih dilogikakan dan dinalarkan dengan lebih baik. Kepentingan bisnis para balian, pemangku atau orang yang mempunyai kepentingan lain telah membuat kesurupan sebagai komoditi bisnis.

Seorang pemangku dapat bersandiwara kesurupan, hanya untuk menumbuhkan suatu kesan bahwa dialah pemangku yang sakti dan disayang oleh para dewa di pura tersebut. Seorang balian kesurupan hanya untuk lebih meyakinkan pasiennya, agar pasien itu tetap datang dan mengikuti segala perintahnya. Sebuah keluarga kesurupan, agar keris yang ada di rumahnya, dipercaya sakti dan di puja banyak orang. Sebuah topeng yang baru saja dikeluarkan dari pembungkusnya membuat beberapa orang kesurupan, ternyata kesurupan itu orderan atau pesanan, agar orang mempercayai bahwa topeng itu memiliki kekuatan magis. Ada juga seorang istri yang sering kesurupan hanya untuk mengikat suaminya, agar tidak melihat pada wanita lainnya.

Ada yang beranggapan kesurupan yang sebenarnya adalah jika ada tanda, yakni orang yang kesurupan tidak akan basah oleh air, tidak terbakar oleh api, walaupun seujung rambut dan tidak kotor oleh debu, mungkin itu dapat dipakai suatu acuan, sebagai tanda awal bahwa ada kekuatan istimewa, diluar nalar manusia yang merasukinya. Kalau hanya baru berteriak atau memakan anak ayam hidup atau meronta dengan kuat, masih perlu diteliti lebih mendalam, karena kesurupan tidak selalu roh suci yang turun, namun juga bisa roh para jin rendahan atau roh dari tempat yang kotor yang menginginkan tempat dan penghormatan yang lebih baik.

Dalam menyikapi fenomena kesurupan ini memang harus lebih teliti untuk menyikapinya, apalagi ternyata kesurupan bisa disandiwarakan, ini sudah merupakan bentuk lain dari sebuah penipuan dan pembodohan masyarakat.

4 komentar:

  1. Kesurupan itu bs terjadi apabila pikiran kita kosong dan kenapa kebanyakan anak" yang diserang.......karena anak" itu kan lbh sering bengong mengosongkan pikirannya mulai dari anak SD, SMP, SMA bahkan yang kuliah ataupun yang udh tuapun bs juga kesurupan..........heheh nich menurut pengalaman aq lho bos......

    BalasHapus
  2. Sherloc, kami sangat setuju klo kesurupan sering diakibatkan oleh pikiran yang kosong, klo kesurupan itu memang terjadinya secara natural, kami sangat menghargainya dan menghormatinya sebagai fenomena alam. Pada kenyataannya di Bali banyak terjadi kesurupan yang selalu dianggap akibat tangan Tuhan, sehingga banyak oknum yg memanfaatkannya sebagai ajang Popularitas. Ini yang kami tidak seyujui.

    BalasHapus
  3. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    BalasHapus
  4. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus